Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di TK
Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif - Taman Kanak-kanak (TK) merupakan lembaga pendidikan formal sebelum anak memasuki sekolah dasar, lembaga ini dianggap penting karena bagi anak usia ini merupakan golden age (usia emas) yang di dalamnya terdapat “masa peka” yang hanya datang sekali. Masa peka adalah suatu masa yang menuntut perkembangan anak dikembangkan secara optimal. Penelitian menunjukkan bahwa 80% perkembangan mental, kecerdasan anak berlangsung pada usia ini. Kenyataan di lapangan bahwa anak yang tinggal kelas, drop out, khususnya pada kelas rendah disebabkan anak yang bersangkutan tidak melalui pendidikan di TK.
Pemberlakuan kurikulum yang berbasis kompetensi berimplikasi pada perlunya pengembangan pembelajaran. Guru TK, sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran perlu mempersiapkan diri. Salah satu bentuk persiapan adalah menyusun model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan fisik dan psikologis anak TK, keadaan lingkungan sekitar, dan ketersediaan sarana prasarana pendidikan.
Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di TK adalah bidang pengembangan kognitif. Untuk menyusun model pembelajaran kognitif, guru diharapkan mengacu kepada pedoman pembelajaran ini. Kemampuan kognitif dipersiapkan guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Baca juga: Pengenalan Dini Kemampuan Berhitung Kepada Anak
Kemampuan kognitif merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Pengembangan kemampuan kognitif bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, pengembangan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokkan, dan persiapan pengembangan kemampuan berpikir teliti.
Baca juga: Metode dan Pelaksanaan Permainan Berhitung pada Anak
Sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas, guru harus menyusun Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dan Satuan Kegiatan Harian (SKH). Pedoman pembelajaran Kognitif ini dapat dipergunakan oleh guru sebagai bahan rujukan dengan cara menyesuaikan dengan kemampuan guru, alat peraga yang tersedia, dan perkembangan anak.
Berikut contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada bidang pengembangan kognitif di taman Kanak-Kanak yang bisa sahabat-sahabat membumikan pendidikan unduh sesuai dengan indikator, baik unvuk kelompok A maupun kelompok B.
Baca juga: Contoh Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK
Indikator :
Baca juga: Contoh Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Kemampuan Berbahasa di TK
Kelompok B
Indikator :
Demikianlah postingan mengenai Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di TK. Semoga dapatbermanfaat dan bisa membantu.
Pemberlakuan kurikulum yang berbasis kompetensi berimplikasi pada perlunya pengembangan pembelajaran. Guru TK, sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran perlu mempersiapkan diri. Salah satu bentuk persiapan adalah menyusun model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan fisik dan psikologis anak TK, keadaan lingkungan sekitar, dan ketersediaan sarana prasarana pendidikan.
Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di TK adalah bidang pengembangan kognitif. Untuk menyusun model pembelajaran kognitif, guru diharapkan mengacu kepada pedoman pembelajaran ini. Kemampuan kognitif dipersiapkan guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Baca juga: Pengenalan Dini Kemampuan Berhitung Kepada Anak
Pengertian Pengembangan kognitif
Pengembangan kognitif adalah suatu proses berpikir berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu. Dapat juga dimaknai sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah atau untuk mencipta karya yang dihargai dalam suatu kebudayaan.Kemampuan kognitif merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Pengembangan kemampuan kognitif bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, pengembangan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokkan, dan persiapan pengembangan kemampuan berpikir teliti.
Baca juga: Metode dan Pelaksanaan Permainan Berhitung pada Anak
Sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas, guru harus menyusun Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dan Satuan Kegiatan Harian (SKH). Pedoman pembelajaran Kognitif ini dapat dipergunakan oleh guru sebagai bahan rujukan dengan cara menyesuaikan dengan kemampuan guru, alat peraga yang tersedia, dan perkembangan anak.
Berikut contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada bidang pengembangan kognitif di taman Kanak-Kanak yang bisa sahabat-sahabat membumikan pendidikan unduh sesuai dengan indikator, baik unvuk kelompok A maupun kelompok B.
Baca juga: Contoh Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK
Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran pada Bidang Pengembangan Kognitif
Kelompok AIndikator :
- Mengenal kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat
- Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur
- Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 5
- Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5
- Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya dan yang tidak sama
- Mengelompokkan benda sesuai bentuk-bentuk geometri
- Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana
- Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya
- Mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras dan lain-lain
- Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan
- Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan
Baca juga: Contoh Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Kemampuan Berbahasa di TK
Kelompok B
Indikator :
- Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu
- Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman
- Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat
- Membedakan macam-macam suara
- Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, jenis, persamaan, dan lain-lain
- Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda
- Menunjukkan kejanggalan suatu gambar
- Menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya
- Mencoba dan menceritakan tentang apa yang terjadi
- Mengungkapkan sebab-akibat
- Mengungkapkan asal mula/terjadinya sesuatu
- Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20
- Membilang (mengenal konsep bilangan dengan bendabenda) 1 sampai 10
- Membuat urutan bilangan 1 sampai dengan 10 dengan benda-benda
- Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10
- Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama
- Membuat bentuk-bentuk Geometri
- Mengelompokkan benda-benda tiga dimensi yang berbentuk geometri
- Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang berbentuk sama
- Mengerjakan Maze (mencari jejak) yang lebih komplek (3-4 jalan)
- Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran, dan lain-lain
- Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10
Demikianlah postingan mengenai Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di TK. Semoga dapatbermanfaat dan bisa membantu.
Postingan mengenai mengenai kegiataan pembelajaran kognitif di Tk ini sangat lebih baik lagi klo misalnya ada contoh-contoh gambar kegiatan pada waktu pembelajaran dilengkapi hasil kerja anak misalnya namun insyaallah postingan ini bermanfaat untuk kamiguru TK
BalasHapus