Selasa, April 22, 2014

Biografi R.A. Kartini (1879-1904)

Biografi R.A. Kartini (1879-1904) - Kemarin kita telah memperingati "Hari Kartini". Hari dimana kaum perempuan menjadi sosok wanita tangguh dan patut diperhitungkan bukan menjadi golongan kelas dua. Semoga dengan peringatan hari kartini kemarin, kaum perempuan Indonesia mampu mengambil nilai-nilai yang Kartini tanamkan untuk memajukan dan meninggikan harkat dan martabat perempuan. Bukan hanya sebatas peringatan dengan memakai pakaian-pakaian tradisional, lomba dan lain-lain sebagainya namun bisa lebih dari itu.

Karir R.A. Kartini 

R.A. Kartini adalah seorang putri yang dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita ini lahir di Rembang pada tahun 1879. Ia merupakan putrid keturunan bangsawan yang status sosialnya jauh lebih tinggi dari pada wanita kebanyakan. Ia bersekolah di ELS (Europese Lagere School) dan pada usia 12 tahun dipinang oleh Bupati Rembang K.R.M Adipati Aryo Singgih Djojo Adiningrat. Setelah menikah kartini masih diberi kebebasan untuk meneruskan cita-citanya memajukan perempuan Indonesia dengan mendirikan sekolah bagi para perempuan. Bangunan yang digunakan sebagai tempat sekolah wanita itu kini merupakan gedung Pramuka yang berada di sebelah timur pintu gerbang kantor Bupati Rembang. Dari pernikahannya tersebut ia dikatuniai seorang anak yaitu Raden Mas Soesalit yang lahir pada tanggal 13 September 1904 dan 4 hari kemudian R.A Kartini meninggal di usia 25 tahun. Ia dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang.

Biografi R.A. Kartini (1879-1904)

"Dan biarpun saya tiada beruntung sampai
ke ujung jalan itu, meskipun patah di tengah jalan,
saya akan mati dengan rasa berbahagia.
Karena jalanya sudah terbuka dan 
saya ada turut membantu mengadakan jalan
yang menuju ke tempat perempuan Bumiputra
merdeka dan berdiri sendiri"

Belum ada Komentar untuk "Biografi R.A. Kartini (1879-1904)"

Posting Komentar

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih.

Advertisemen