Kamis, Februari 05, 2015

Silabus dan RPP SD, SMP, dan SMA Kurikulum 2013 dan KTSP

Silabus dan RPP SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 dan KTSP - Pada postingan kali ini, membumikan pendidikan akan share lagi tentang Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari mulai Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk kurikulum 2013 dan kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau yang sering disingkat dengan KTSP.

Tidak bisa dipungkiri bahwa berjalannya suatu pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik atau guru untuk peserta didik atau muridnya tentu memiliki acuan dan rambu-rambu yang harus diketahui. Hal demikian dimaksudkan agar supaya pebelajaran tetap dalam trek atau jalur untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Yang pada muara akhirnya bisa mencapai tujuan nasional pendidikan di negeri tercinta Indonesia. Oleh karena itu, acuan dan rambu-rambu pembelajaran tersebut perlu didokumentasikan ke dalam sebuah produk yang disebut dengan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP.



Silabus dan RPP Kurikulum 2013 dan KTSP

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber /bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian (BSNP, 2006).

Baca juga: Pengembangan Silabus

Sedangkan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus (Mulyasa, 2006: 184). RPP merupakan jabaran operasional silabus yang telah dikembangkan untuk digunakan sebagai panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran.


Baca juga: Pengembangan RPP

Silabus dan RPP SD, SMP, dan SMA Kurikulum 2013 dan KTSP

Ok. langsung saja, di bawah sahabat-sahabat bisa langsung download RPP dan Silabus SD, SMP, SMA kurikulum 2013 dan KTSP. Untuk cara download file-nya bisa baca [Cara Download File]

Silabus dan RPP SD :

  • Silabus dan RPP SD Kelas 1-6 Kurikulum 2013 [disini]
  • Silabus dan RPP SD Kelas 1 KTSP [disini]
  • Silabus dan RPP SD Kelas 2 KTSP [disini]
  • Silabus dan RPP SD Kelas 3 KTSP [disini]
  • Silabus dan RPP SD Kelas 4 KTSP [disini]
  • Silabus dan RPP SD Kelas 5 KTSP [disini]
  • Silabus dan RPP SD Kelas 6 KTSP [disini]

Silabus dan RPP SMP :

  • Silabus dan RPP SMP KTSP [disini]
  • Silabus dan RPP SMP Kurikulum 2013 [disini]

Silabus dan RPP SMA :

  • Silabus dan RPP SMA KTSP [disini]
  • Silabus dan RPP SMA Kurikulum 2013 [disini]


Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu sahabat-sahabat membumikan pendidikan yang budiman. Dan jangan lupa kalau ada link yang 
tidak bekerja, mohon tuliskan pada kolom komentar tentunya dengan baik dan bijak.

1 Komentar untuk "Silabus dan RPP SD, SMP, dan SMA Kurikulum 2013 dan KTSP"

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih.

Advertisemen