Minggu, Juli 31, 2016

Perangkat dan Dokumen Akreditasi SD SMP SMA SMK Lengkap

Pada postingan kali ini Situs Membumikan Pendidikan akan share mengenai perangkat dan dokumen akreditasi untuk sekolah dasar (SD), SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB, dan SMALB. Postingan ini untuk memenuhi permintaan dari sahabat-sahabat Membumikan Pendidikan yang menginginkan di situs ini juga share tentang akreditasi. Ini merupakan sebuah kepercayaan dari sahabat-sahabat kepada Membumikan Pendidikan berikut tantangan yang harus kami penuhi. Dan alhamdulillah pada kesempatan kali ini Situs Membumikan Pendidikan bisa share postingan mengenai perangkat akreditasi ini. Sebelum langsung pada perangkat dan dokumen akreditasi sekolah kami akan ulas sebentar mengenai apa itu akreditasi sekolah serta sebenarnya apa tujuan dan manfaat dari akreditasi sekolah ini bagi kepala sekolah, guru, masyarakat, peserta didik/siswa, dan juga pemerintah. Berikut uraiannya.

Pengertian Akreditasi Sekolah/Madrasah

Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan (UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 1 ayat 22). Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Kelayakan program dan/atau satuan pendidikan mengacu pada SNP. SNP adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, SNP harus dijadikan acuan guna memetakan secara utuh profil kualitas sekolah/madrasah.
Di dalam pasal 2 ayat 1, lingkup SNP meliputi:
  • (1) standar isi;
  • (2) standar proses;
  • (3) standar kompetensi lulusan;
  • (4) standar pendidik dan tenaga kependidikan;
  • (5) standar sarana dan prasarana;
  • (6) standar pengelolaan;
  • (7) standar pembiayaan; dan
  • (8) standar penilaian pendidikan.

Tujuan dan Manfaat Akreditasi

Bagi kepala sekolah/madrasah, hasil akreditasi diharapkan dapat dijadikan bahan informasi untuk pemetaan indikator kelayakan sekolah/madrasah, kinerja warga sekolah/madrasah, termasuk kinerja kepala sekolah/madrasah selama periode kepemimpinannya. Di samping itu, hasil akreditasi juga diperlukan kepala sekolah/madrasah sebagai bahan masukan untuk penyusunan program serta anggaran pendapatan dan belanja sekolah/madrasah.

Baca juga: Upaya Menjadikan Calon Kepala Sekolah dengan On The Job Learning

Bagi guru, hasil akreditasi merupakan dorongan untuk selalu meningkatkan diri dan bekerja keras dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta didik guna mempertahankan dan meningkatkan mutu sekolah/madrasah. Secara moral, guru senang bekerja di sekolah/madrasah yang diakui sebagai sekolah/madrasah bermutu.

Baca juga: Tuntutan menjadi Guru yang Profesional

Bagi masyarakat dan khususnya orang tua peserta didik, hasil akreditasi diharapkan menjadi informasi yang akurat tentang layanan pendidikan yang ditawarkan oleh setiap sekolah/madrasah, sehingga secara sadar dan bertanggung jawab masyarakat dan khususnya orang tua dapat membuat keputusan dan pilihan yang tepat dalam kaitannya dengan pendidikan anaknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

Baca juga: Bijak dalam Memilih Sekolah Baru

Bagi peserta didik, hasil akreditasi mampu menumbuhkan rasa percaya diri bahwa mereka memperoleh pendidikan yang bermutu, dan sertifikat akreditasi merupakan bukti bahwa mereka mengikuti pendidikan di sekolah/madrasah yang bermutu.

Bagi pemerintah hasil akreditasi dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional.

Dokumen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK

Perangkat dan Dokumen Akreditasi SD SMP SMA SMK Lengkap
Setelah sahabat-sahabat sudah mengetahui apa itu akreditasi sekolah dan tujuan serta manfaat apa yang didapat. Maka pada point ini Situs Membumikan Pendidikan akan sediakan beberapa dokument perihal akreditasi sekolah ini, baik untuk akreditasi tingkat SD, SMP, SMA, maupun SMK serta ada pula untuk SDLB, SMPLB dan juga SMALB. Berikut file-file akreditasi sekolah yang bisa sahabat-sahabat unduh atau download dengan mudah dan gampang.
Perangkat Akreditasi SD/MI

BERKAS AKREDITASI SD/MI
1 Instrumen SD/MI Unduh
2 Juknis SD/MI Unduh
3 Data Pendukung SD/MI Unduh
4 Pedoman Skoring SD/MI Unduh
5 Dokumen Penting Lain Unduh
Perangkat Akreditasi SMP/MTs

BERKAS AKREDITASI SMP/MTs
1 Instrumen SMP/MTs Unduh
2 Juknis SMP/MTs Unduh
3 Data Pendukung SMP/MTs Unduh
4 Pedoman Skoring SMP/MTs Unduh
5 Dokumen Penting Lain Unduh
Perangkat Akreditasi SMA/MA

BERKAS AKREDITASI SMA/MA
1 Instrumen SMA/MA Unduh
2 Juknis SMA/MA Unduh
3 Data Pendukung SMA/MA Unduh
4 Pedoman Skoring SMA/MA Unduh
5 Dokumen Penting Lain Unduh
Perangkat Akreditasi SMK/MAK

BERKAS AKREDITASI SMK/MAK
1 Instrumen SMK/MAK Unduh
2 Juknis SMK/MAK Unduh
3 Data Pendukung SMK/MAK Unduh
4 Pedoman Skoring SMK/MAK Unduh
5 Dokumen Penting Lain Unduh
Perangkat Akreditasi SD-LB

BERKAS AKREDITASI SDLB
1 Instrumen SDLB Unduh
2 Juknis SDLB Unduh
3 Data Pendukung SDLB Unduh
4 Pedoman Skoring SDLB Unduh
5 Dokumen Penting Lain Unduh
Perangkat Akreditasi SMP-LB

BERKAS AKREDITASI SMPLB
1 Instrumen SMPLB Unduh
2 Juknis SMPLB Unduh
3 Data Pendukung SMPLB Unduh
4 Pedoman Skoring SMPLB Unduh
5 Dokumen Penting Lain Unduh
Perangkat Akreditasi SMA-LB

BERKAS AKREDITASI SMALB
1 Instrumen SMALB Unduh
2 Juknis SMALB Unduh
3 Data Pendukung SMALB Unduh
4 Pedoman Skoring SMALB Unduh
5 Dokumen Penting Lain Unduh

Demikianlah postingan mengenai Perangkat dan Dokumen Akreditasi SD, SMP, SMA, dan SMK Lengkap. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Perangkat dan Dokumen Akreditasi SD SMP SMA SMK Lengkap"

Posting Komentar

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih.

Advertisemen