Jumat, Februari 20, 2015

Dimensi Pengembangan Perilaku Disiplin pada Anak TK

Dimensi Pengembangan Perilaku Disiplin pada Anak TK - Postingan kali ini, membumikan pendidikan masih akan share mengenai dimensi pengembangan perilaku pada anak TK. Setelah sebelumnya dua dimensi pengembangan perilaku pada anak TK telah membumikan pendidikan share yaitu tentang dimensi pengembangan perilaku moral dan dimensi pengembangan sikap dan perilaku beragama pada anak TK. Maka postingan kali ini akan membahas mengenai dimensi yang ke-3 dari beberapa dimensi pengembangan perilaku anak TK, yaitu dimensi pengembangan perilaku disiplin pada anak TK. Uraiannya sebagai berikut.

Perilaku Disiplin Anak

Perilaku disiplin adalah kemampuan seorang anak untuk menyeimbangkan antara pola pikir & pola tindakan dikarenakan adanya situasi dan kondisi tertentu dengan pembatasan peraturan yang diperlukan terhadap dirinya oleh lingkungan dimana individu berada.
Dimensi Pengembangan Perilaku Disiplin pada Anak TK

Tujuan dan Alasan Kedisiplinan Diterapkan pada Anak

Tujuan perilaku disiplin pada anak:
  • Secara umum: membentuk perilaku sedemikian hingga akan sesuai dengan peran-peran yang ditetapkan kelompok budaya atau tempat individu itu diidentifikasi.
  • Jangka pendek: Membuat anak terlatih dan terkontrol perilakunya dengan membelajarkan pada anak tingkah laku yang pantas dan tidak pantas atau yang masih baru / asing bagi mereka.
  • Jangka panjang: melatih pengendalian diri sendiri (self control and self direction) yaitu dalam hal mana anak-anak dapat mengendalikan diri sendiri tanpa terpengaruh dan pengendalian dari luar.

Beberapa alasan kedisiplinan perlu diterapkan pada anak, yaitu:
  • Mengontrol tingkah laku anak (mengatur diri sendiri).
  • Menjaga anak dari bahaya baik bagi dirinya ataupun orang lain.
  • Menghindarkan diri anak dari kesalahan pahaman.
  • Membuat anak disenangi karena dapat berperilaku sesuai dengan harapan masyarakat dimana anak berada.
  • Menyadarkan anak anak bahwa ia mampu menyelesaikan masalah-masalahnya sendiri dan diharuskan melakukan apa yang kita tentukan.
  • Melalui disiplin anak belajar bertingkah laku yang menimbulkan pujian, ia akan melihat ini sebagai indikasi dari cinta dan penerimaan .
  • Disiplin membantu anak mengembangkan hati nurani atau suara-suara halus didalam diri yang membantunya dalam membuat keputusan dan mengendalikan tingkah laku.

Penanaman disiplin mulai diterapkan pada anak
  • Sejak anak dilahirkan, melalui pembiasaan pemberian susu.
  • Disaat anak mulai mengenal lingkungan rumah dan sekitarnya.

Bentuk pendisiplinan pada anak TK

Ada beberapa bentuk pendisiplinan pada anak TK yang bisa diimplementasikan dalam proses belajar mengajar, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Disiplin pergi sekolah.
  • Disiplin di sekolah.
  • Disiplin merapikan mainan.
  • Disiplin memakai pakaian & sepatu.
  • Disiplin bangun tidur.
  • Disiplin waktu makan bersama.

Demikianlah uraian tentang dimensi pengembangan perilaku disiplin pada anak TK berikut telah diuraikan mengenai tujuan perilaku disiplin, alasan kedisiplinan diterapkan pada anak, waktu penanaman kedisiplinan diterapkan pada anak serta bentuk-bentuk pendisiplinan pada anak. Semoga uraian di atas tentang dimensi pengembangan perilaku disiplin pada anak TK dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat membumikan pendidikan.

Belum ada Komentar untuk "Dimensi Pengembangan Perilaku Disiplin pada Anak TK"

Posting Komentar

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih.

Advertisemen