Karakteristik Anak dengan Masalah Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa
Karakteristik Anak dengan Masalah Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa - Definisi menurut IDEA adalah anak yang memiliki kemampuan yang melebihi dari kemampuan orang lain pada umumnya dan mampu untuk menunjukkan hasil kerja yang sangat tinggi. Cerdas istimewa berbakat istimewa ini dapat dilihat dari berbagai area seperti: kemampuan intelektual secara umum, akademis yang khusus, berfikir kreatif, kepemimpinan, seni, dan psikomotor. Seorang anak dapat dikatakan berbakat apabila ia memiliki kemampuan yang di atas rata-rata, memiliki komitmen terhadap tugas yang tinggi dan juga kreatif.
Karakteristik Anak dengan Masalah Berbakat Istimewa
Karakteristik yang dimiliki oleh anak berbakat adalah:- Secara kognitif. Anak-anak berbakat secara umum memiliki kemampuan dalam memanipulasi dan memaha=mi simbol abstrak, konsentrasi dan ingatan yang baik, perkembangan bahasa yang lebih awal dari pada anak-anak seusianya, rasa ingin tahu yang tinggi, minat yang beragam, lebih suka belajar dan bekerja secara mandiri, serta memunculkan ide-ide yang original
- Secara akademis, mereka sangat termotivasi untuk belajar di area-area dimana menjadi minat mereka. Namun mereka bisa kehilangan motivasinya apabila dihadapkan pada area yang tidak mereka minati
- Secara sosial emosional, mereka terlihat sebagai anak yang idealis, perfeksionis dan kepekaan terhadap rasa keadilan, Selalu terlihat bersemangat, memiliki komitmen yang tinggi, dan peka terhadap seni.
Untuk mengetahui cerdas istimewa berbakat istimewa seorang anak maka ia harus mengikuti serangkaian evaluasi yang dilakukan oleh psikolog, dan apabila anak tersebut memang dikategorikan sebagai anak berbakat maka ia harus memperoleh pendidikan yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya agar dapat berkembang dengan optimal.
Perlu strategi tertentu dalam menangani anak dengan cerdas istimewa dan berbakat istimewa sebab kesalahan penanganan dapat berimplikasi negatif bagi kemampuannya. Strategi yang dapat dilakukan antara lain (Ormrod, 2009 : 259):
- Berikan tugas-tugas mandiri (tugas-tugas yang disesuaikan dengan kemampuan anak): sesuaikan tugas dengan hal yang menjadi minat dan kemampuan utama anak.
- Bentuklah kelompok belajar yang berisikan anak yang memiliki minat dan kemampuan yang serupa: mengelompokkan anak dengan minat dan kemampuan serupa memungkinkan untuk mengkaji suatu permasalahan secara lebih mendalam dan analisis yang lebih tajam
- Ajarkan keterampilan kognitif yang kompleks dalam konteks mata pelajaran tertentu: kreativitas dalam menulis, keterampilan bernalar atau memecahkan masalah akan berimplikasi positif terhadap kognitif anak
- Berikan kesempatan untuk melakukan kajian secara mandiri tentang suatu topik: motivasi yang tinggi serta strategi belajar yang lebih efektif memungkinkan anak mengelola kemampuannya secara lebih maksimal
- Dorong kemampuan anak untuk menetapkan sasaran yang tinggi: anak berbakat cenderung akan mencapai level prestasi yang tinggi ketika mereka menetapkan sasaran atau target yang tinggi pula
- Carilah sumber daya dari luar: suatu ide yang baik untuk mendatangkan mentor tamu yang memiliki kapasitas untuk menjelaskan suatu topik khusus di luar kapasitas guru
Demikianlah uraian mengenai Karakteristik Anak dengan Masalah Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.
Belum ada Komentar untuk "Karakteristik Anak dengan Masalah Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa"
Posting Komentar
Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih.