Sabtu, Maret 18, 2017

Program Tahunan dan Program Semester SD Kelas 6 Kurikulum 2013

Prota dan Promes SD Kurikulum 2013 - Sahabat Membumikan Pendidikan yang budiman, menjadi pendidik atau guru memang dituntut untuk memiliki kompetensi profesional di samping 3 kompetensi lainnya (pedagogik, kepribadian, sosial) sebagaimana kompetensi-kompetensi tersebut tertuang dalam UU Guru dan Dosen [Unduh UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen]. Kompetensi profesional dimaksud mencakup kemampuan dalam merencanakan, membuat, menjalankan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Ada beberapa program pembelajaran yang harus guru buat, yaitu Program tahunan dan Program semester. Untuk memenuhi tuntutan di atas maka postingan kali ini Membumikan Pendidikan akan share Prota dan Promes SD Kurikulum 2013 Kelas 6. Postingan sebelumnya sudah Membumikan Pendidikan share juga Prota dan Promes Kelas 5 SD Kurikulum 2013 [lihat disini].

Baca juga: Program Tahunan dan Program Semester SD Kelas 6 KTSP

Menjadi pendidik atau guru program pembelajaran mungkin sudah sangat familiar dengan Program Tahunan maupun Program Semester. Program Tahunan (PROTA) diartikan sebagai rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (KI dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa.

Program tahunan juga merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian.

Baca juga: RPP SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Semester I dan II

Adapun untuk Program Semester (PROMES) merupakan program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. Program Semester juga merupakan penjabaran dari program tahunan.

Program Tahunan dan Program Semester SD Kelas 6 Kurikulum 2013

Download Prota dan Promes SD Kurikulum 2013

Berikut ini, Membumikan Pendidikan akan share Program Tahunan dan Program Semester SD Kelas 6 Kurikulum 2013 yang bisa sahabat-sahabat Membumikan Pendidikan unduh. Unduhan di bawah, Membumikan Pendidikan sediakan dengan format [.zip] dan [.doc]. Jadi, sahabat-sahabat Membumikan Pendidikan tinggal memilih format file yang diinginkan.
  • Program Tahunan SD Kelas 6 Kurikulum 2013 zip [Unduh]
  • Program Tahunan SD Kelas 6 Kurikulum 2013 doc [Unduh]
  • Program Semester SD Kelas 6 Kurikulum 2013 zip [Unduh]
  • Program Semester SD Kelas 6 Kurikulum 2013 doc [Unduh]
Password [.zip]: pendidikan.com

Komponen Prota dan Promes Kurikulum 2013

Komponen-komponen Program Tahunan (Prota) meliputi:
(1) Identitas (mata pelajaran, kelas, tahun pelajaran); dan (2) Format isian (semester, kompetensi inti, kompetensi dasar, matei pokok, dan alokasi waktu).
Sedangkan komponen-komponen Program Semester (Promes) meliputi:
(1) Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester); (2) Kompetensi inti; (3) Kompetensi dasar; (4) Materi pokok; (5) Kegiatan pembelajaran; (6) Indikator; (7) Penilaian (teknik, bentuk instrumen, contoh instrumen); (8) Alokasi waktu; dan (9) Sumber belajar, dan karakter
Demikianlah postingan mengenai Prota dan Promes SD Kelas 6 Kurikulum 2013. Semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu dalam menyusun dan mengembangkan program-program berikutnya, baik program mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian.

Belum ada Komentar untuk "Program Tahunan dan Program Semester SD Kelas 6 Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih.

Advertisemen