Selasa, Mei 20, 2014

Strategi Dakwah Melalui Dunia Pendidikan (Madrasah)

Strategi Dakwah Melalui Dunia Pendidikan (Madrasah) - Sebuah keniscayaan bahwa pendidikan merupakan pendekatan dalam membentuk manusia seutuhnya atas fitrahnya sebagai makhluk baik dan sempurna. Kita paham bahwa Tuhan (Allah) pun telah memilih manusia sebagai pengemban tugas di muka bumi ini (khalifah fil ardli), hal ini terjadi setelah melewati sebuah dialog dengan Malaikat-Manusia-Jin di alam kuasa-Nya. Seraya pun (Allah SWT) telah memberikan bekal konsep dasar pendidikan dan pembelajaran kepada manusia yang digambarkan dalam QS. Al-Alaq; 1-5 (baca juga postingan: Kewajiban Belajar Mengajar dalam Perspektif al-Qur'an Surat al-'Alaq Ayat 1-5). Bahkan banyak teori-teori pendekatan yang mesti kita gunakan dalam membentuk manusia sempurna sebagaimana fitrahnya manusia (sebagai makhluk yg baik dan mulia dibandingkan dengan makhluk lainnya).

Berdkwah merupakan bagian dari strategi bagaimana kemudian agar nilai-nilai agama sebagai kunci pelembagaan keimanan seseorang untuk bisa kembali bertemu dengan Tuhannya di atas arsy sanah/disisi-Nya. Oleh karena itu setiap muslim berkenan dan berkewajiban untuk menjadi rahmatan lil 'alamin, memberikan kesejukan, memberikan manfaat kepada sesamanya dengan jalan berdakwah; mengajak, menganjurkan, menghimbau kepada umat manusia agar benar-benar kembali kepada fitrahnya sebagaiman keyakinan agama yang sudah tertanam dan terikat dengan janji sejak dalam buaian/bahwa manusia sudah menandatangani kontrak aqidah dengan Tuhannya sebelum lahir ke muka bumi ini.

Seperti kita tahu bahwa sejarah mencatat bagaiaman perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan misi ke-Tuhanan, beliau diutus salah satu tugasnya adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia,oleh karena itu awal dakwah beliau dilakukan melalui sebuah madrasah di rumah Al-Arqam, dari sinilah kemudian umat muslim (Kiyai-ustad-guru-pendidik) sebagai pewaris Nabi, bertanggung jawab untuk melanjutkan misi itu hingga akhir masa (kiamat), sungguh ini tugas mulia bagi kita semua.

Strategi Dakwah Melalui Dunia Pendidikan (Madrasah)Dengan strategi dan pendekatan dakwah itulah kemudian baik perorangan atau sebuah lembaga berkewajiban untuk meneruskan estapet misi kerasulan tersebut, tak terkecuali madrasah, sekalipun seandainya tidak berharap secara kuantitas untuk mendapatkan simpati dan partsifasi masyarakat dengan menitipkan anak-anaknya ke lembaga ini. Tetapi ada yang lebih besar dari tugas itu semua, yaitu bertanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai agama kepada setiap manusia/kepada siapapun termasuk di dalamnya kepada anak-anak, agar sejak dini mereka benar-benar tertanam nilai-nilai agama yg kuat untuk menghadapi masanya nanti.

Jadi nilai-nilai agama itu plur harus dikenalkan dan dimiliki oleh setiap manusia, karena manusia sungguh sudah memiliki naluri keyakinan dan ke-Tuhanan. Oleh karena itu sebuah keniscayaan bahwa madarash ikut andil dalam menyampaikan itu kepada masyarakat agar mereka tidak celaka dan tersesat kemudian. Untuk itu kami ingatkan kepada siapapun dan dalam bentuk apapun tak ada satu pun yang berwenang dan berhak untuk menghalangi misi tersebut untuk bisa tersampaikan kepada siapapun, karena itu adalah tugas mulia yang akan dijanjikan Tuhan akan nikmat dan karunia-Nya, baaik di dunia maupun di akhirat (surga).

Umat Islam harus maju dan kaya akan khasanah pengetahuan, jadi ilmu apapun selagi bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain (umat) harus dapat dikuasai sebagai bekal keseimbangan hidup di dunia dan akhirat. "Intinya Anda tidak pernah salah bila mau belajar ) seperti yang dianjurkan Tuhan di atas) di sebuah madrasah (Khususnya MTs. Hidayatul Ummah Malahayu). Wallahu 'alam.




------------ WD Gunawan
(Guru di MTs Hidayatul Ummah)


Belum ada Komentar untuk "Strategi Dakwah Melalui Dunia Pendidikan (Madrasah)"

Posting Komentar

Komentar yang mengandung sara, pornografi, tidak sesuai dengan pembahasan, memasukan link aktif, dan bersifat merugikan orang lain akan dihapus. Terima kasih.

Advertisemen